Korek Api

Friday, February 24, 2006

Sehari 2 Gedung ku Lampaui

Woooaahhhh....nggkkkk (baca: lagi ngulet kaya uler keket)

Dah lama rasanya gak nulis apa-apa lagi. Bukannya ane sok sibuk, tapi segenap tenaga dan pikiran sedang dicurahkan untuk beberapa hal yang laen, e.g. nonton n jalan-jalan (hehehe... ini butuh energi banyak) ke Sarkem, tenis lagi dan lagi, ngurus aborsi (upss! nah ini ada critanya sendiri), tes SIS.. en yang terpenting: nyelesein satu naskah cerita pendek yang rada serius daripada yg slama ini pernah gw tulis-->mudah-mudahan bisa di-film-in segera.. soalnya prihatin ngeliat film kita yang isinya kurang berbobot belakangan ini. Ya sutra lah... doakan saja.

Sementara ada denger berita soal pemblokiran jalan di Tembagapura, soalnya tuh PT Freeport Indonesia (salah satu tempat tujuan kerja anak2 tambang raya) itu ngelarang lagi--konon sih soal keselamatan dan keamanan--warga/orang-orang untuk nyari emas di tempat mereka ngebuang tailing. Nah, konon, para penambang liar ini (panggilan untuk para penambang gak resmi) bisa dapetin duit seharinya sampe 2juta rupiah *ngapain jg gw kuliah lama-lama, kalo kaya mereka aja bisa tajir*--tapi itu belum dipotong uang keamanan sana-sini. Buntutnya, temen-temen en senior gw d sana nih.. lagi pada libur kerja. Tapi, apa enaknya libur kalo gak bisa ke mana-mana..(lha wong tempat cuma seipret-ipret itu) mendingan kerja!

Belom lagi, ada mahasiswa asal Papua yang dateng ke Plasa 89 di daerah Kuningan (hehehe.. gue pernah dong ke sana.. dan kayaknya ada di lante 4 dan 7 deh tuh kantor FI. Trus ada juga beberapa kantor perusahaan lainnya. Jadi tuh gedung bukan punya FI seorang..) kayaknya mereka salah sasaran deh ngerusaknya.. bukannya FI yang rugi, tapi si pemilik gedung. Sebagai anak tambang yang murah senyum dan banyak makan, jangan tanya gue deh apa-apa soal Freeport dan keuntungan yang mereka keruk dari tanah Papua, dan Indonesia umumnya. Abissnya, kita ini kurang solid dan sering cuma mikir jangka pendek dan perut sendiri (ditambah perut istri, anak, mertua, dll).. jadi gampang dimanfaatin orang lain. Makannya Indonesia: bersatulah.. en satu lagi yang juga penting: pinter-lah!

Satu lagi yang jadi sorotan: soal rame-rame minta suaka ke negeri tetangga. Komentar gue: AKU DUKUNG!!! abis gimana nggak, lha wong negeri sendiri gak bisa ngelindungi hak-hak warganya (sprt: untuk bebas berkeyakinan)... apalagi pimpinan empeer-nya dan pejabat2 negeri ini komentarnya juga gak bijak... ya silakan saja saudara-saudaraku... biar makin malu bangsa ini!!!!


Balada Tes Kerja

Jadi inget: ngomong-ngomong soal Freeport. Gw pernah 2 x ke Plasa 89 buat ikutan tes. Hasilnya??? (jangan ditanya deh.. bisa uring-uringan tuh si Ma-D).. jadi inget pas tes pertama: wawancara. Karena di hari yg sama itu gw siangnya harus ada tes juga di gedung Rajawali (di daerah Kuningan juga) buat Bank Mandiri, *udah tes tahap-3 tuh!* jadinya gw berpakaian laiknya pegawai bank: super necis *suiiit..suiiiit... disuit-suit ma tukang ojeg*--yang kalo gw pake beginian di site tambang, bakal diperkosa kale sama operator dump truck *huehehe..*

Nah, datenglah giliran gw masuk ruang wawancara di Freeport. Ada 2 orang yang di sana. Dua2nya langsung dah ngeliatin gw dr ujung rambut ke ujung kaki. Langsung disuruh duduk.. ngobrol ngalor-ngidul.. trus udahan *lhoh?! koq ga ditanya soal teknis tambang sih!* Heran juga!

"Kamu ntar siang ikut tes SHL ya.."

"Eee.. saya harus ke tempat lain, Pak"-->gak enak kalo bilang: mo tes di tempat laen.

-->e.. tapi tau juga mereka: "Mo tes ya?" dengan lirikan mata menggoda yang gw bales senyum lebar "Tes di mana?"

"Tes buat Bank, Pak."

"Pantes.. penampakan *waduh* kamu emang lebih cocok jadi pegawai bank *apa maksudnya nehhh!*"

"Hehe.." senyum nanggung.


Siangnya, di tes Bank Mandiri:

Setelah melewati berbagai tes aneh-aneh (yg paling kaget waktu disuruh jadi sales.. mana gw orangnya paling males dsuruh jualan.. mana produknya aneh lagi.. duh!), gw akhirnya sampe di sesi terakhir... ditanya macem-macem...

"Emmh.. kamu lulus kapan?"

"Hehe... *tawa tertahan* belum lulus pak.."-->waktu itu gw gak ada kerjaan, abis dosen pembimbing gw kerjanya ngacir mulu.. susah nerusin TA, mana rekan2 seperjuangan dah pada ikutan tes ini-itu.. jadi lah gw pingin ikutan... en unfortunately lolos...

"Waduh.. kamu ini..." geleng-geleng. --> soalnya cuma org *ya eya lah.. masa' kucing* yg dah lulus yg boleh ngedaftar.

Setelah itu gw ga pernah dipanggil lagi. *Hiks!*

Tapi, ada berita gembira sore--sepulang tes Mandiri--itu, datengnya lewat hape:

"Haloo.. ini Bu Ida.."

"Halo bu.."--> Bu Ida itu bos gw di protokoler kampus.

"Ma-D, kamu bisa ng-MC? Denger2 kamu bisa perancis ya.."

"Hah.. *blum pernah sih.. tapi* bisa bu. Perancis... *wah udah lupa tuh* bisa.. dikit *dikkkkiiiiiit banget*."

"Tanggal 7 Mei, ada acara Journee Francais a l'ITB. Kamu ng-MC ya ma Aming en Tike. Itu lho.. yang di Extravaganza..."

*Hah!! Yang boneng...*

"Siiip Bu.. bisa."



Sore itu gw pulang ke rumah tante di Kemayoran dengan senyum bahagia. Sapa tau ini jalan gue.. jadi selebritis.. daripada jadi pegawe bank... hihihihi

0 Comments:

Post a Comment

<< Home