Korek Api

Sunday, March 05, 2006

Dari Wisudaan Kemaren

Buat seorang mahasiswa, seperti teman-teman saya ini, kelulusan adalah impian. Terutama sejak kami harus berkelahi melawan kemalasan diri, mencari celah dalam jadwal ketat dosen pembimbing, beradaptasi dengan jam biologis baru yang mengganggu ritme tubuh, semuanya itu demi menerbitkan sebuah buku bertitel: Tugas Akhir. Bukan sembarang buku. Buku ini harus melewati candradimuka bernama bimbingan, sebuah seminar, dan satu (bahkan ada juga yang lebih) sidang agar bisa masuk perpustakaan. Buat yang sudah melewatinya, hari seperti ini adalah ganjaran yang membuat hati lega.

Sejak Juli tahun lalu, tradisi arak-arakan wisudawan di dalam dan di luar kampus, juga tawuran antar himpunan sudah dilarang pihak Rektorat. Bahkan, kendaraan tidak boleh masuk ke dalam kampus pada hari wisuda. Jadi, mau tidak mau para wisudawan diarak dengan berjalan kaki menuju Jurusan masing-masing dari gerbang Ganesha. Di sepanjang jalan, berbagai atraksi, yel-yel, dan sebagainya dipertunjukkan sebagai pernyataan eksistensi Himpunan masing-masing. Dengan langit yang memanggang panas tidak membuat kami urung merayakan datangnya era baru dalam hidup: menjadi alumni.

Berikut ada dua gambar yang saya ambil kemarin. Gambar pertama diambil di depan gerbang Ganesha, di kejauhan tampak para wisudawan dalam toga sedang dibariskan. Yang kedua menunjukkan anggota muda Himpunan push-up berantai dengan teman-teman lain di belakangnya memberi semangat dengan menyanyikan mars Himpunan, semuanya adalah hadiah buat mereka yang telah melewati perjalanan panjangnya di kampus tercinta.



0 Comments:

Post a Comment

<< Home